Cara Mengganti Engsel Pintu

Tips Memasang Engsel Pintu
Juni 7, 2018
Tips Mudah Memasang Kusen Alumunium
Juni 7, 2018
Jika Sebelumnya kita sudah membahas tentang cara memasang engsel (Baca juga : Cara Memasang Engsel Pintu). Mari kita belajar atau mengetahui cara mengganti engsel. Berikut adalah langkah-langkahnya. Selamat membaca 🙂

Menggunakan ganjal untuk menahan pintu. Buka daun pintu agar engsel dapat terlihat seluruhnya, kemudian ganjal bagian bawah daun pintu untuk menahannya. Saat Anda mengganti engsel, Anda tidak perlu memindahkan daun pintunya. Meletakkan ganjal di bawah daun pintu akan membantu menahan pintu agar tidak jatuh.

Memeriksa ukuran engsel. Pastikan engsel baru memiliki ukuran yang sama dengan engsel lama. Anda juga dapat menggunakan meteran untuk mengukur apakah letak engsel lama sudah tepat. Engsel paling atas harus terletak 17,5cm dari bagian atas kusen dan engsel paling bawah harus terletak 27,5cm dari dasar kaki kusen. Jika letaknya belum tepat, Anda perlu melihat ke bagian sebelumnya mengenai cara membuat coakan engsel dan mempersiapkan kusen untuk dipasang engsel baru.

Melepas engsel lama. Mulailah dari engsel paling atas, lepaskan sekrup-sekrup yang menempelkan engsel pada daun pintu maupun kusen secara perlahan-lahan. Periksa apakah kayu tempat engsel semula menempel masih dalam kondisi bagus.

Mempersiapkan daun pintu dan kusen untuk engsel baru. Jika engsel sebelumnya sudah terpasang cukup lama, Anda mungkin harus melakukan sedikit perbaikan pada daun pintu dan kusennya. Jika perlu, amplas kembali permukaan kayu, kemudian berikan lapisan cat atau pelitur yang sesuai dengan warna kayunya.

  • Jika ukuran engsel pengganti berbeda dengan engsel lama, tutuplah lubang-lubang sekrup pada coakan engsel dengan dempul kayu. Gunakan scraper logam untuk mengoleskan dempul agar lubang tertutup dengan sempurna.
  • Biarkan dempul mengering dahulu, setelah itu ampelas hingga halus dan rata.
  • Berikan cat atau pelitur agar warnanya sama dengan permukaan sekitarnya.

Memasang engsel baru. Pasang engsel baru di tempat engsel lama. Gunakan obeng untuk memasang sekrup-sekrup yang disediakan hingga kedua sayap engsel terpasang pada daun pintu dan kusen. Terakhir, masukkan pin engsel untuk menyatukan kedua sayap engsel.

Mengulangi langkah-langkah di atas untuk engsel ke dua. Beralihlah ke engsel berikutnya, gunakan obeng untuk melepas semua sekrupnya. Ganti dengan engsel baru dan pasangkan pula sekrup-sekrup yang baru, agar engsel terpasang dengan baik dan tidak meleset dari tempatnya. Masukkan pin engsel jika kedua pelat engsel telah terpasang dengan sempurna.

  • Jika pintu Anda memiliki engsel ke tiga (engsel tengah), gantilah juga seperti engsel lainnya.
Mencoba engsel baru. Singkirkan ganjal dari bawah daun pintu lalu cobalah membuka dan menutup pintu berkali-kali. Jika pintu dapat terbuka tanpa bermasalah, maka pekerjaan Anda sudah selesai

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

ALUMUNIUM KACA JOGJA – Kami merupakan spesialis alumunium dan kaca di Jogja. Kami hadir melayani pemesanan serta pemasangan kusen, jendela, pintu dan kaca. Kami juga menyediakan jasa bongkar pasang dan juga jasa service. Dengan pengerjaan maksimal. Kami hasilkan produk yang berkualitas. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp. / WA : 0888 2830 403| Email : dwiriyanto1993@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat