Zat – Zat yang Menimbulkan Efek Rumah Kaca

Penyebab Efek Rumah Kaca
Juni 7, 2018
Dampak Efek Rumah Kaca
Juni 7, 2018

Masih membahas tentang efek rumah kaca. Jika kita membahas efek rumah kaca mungkin tidak ada habisnya bukan? dari mulai pengertian, penyebab, dampak dan salin sebagainya. Nah, sebenarnya zat-zat apa saja yang menuimbulkan efek rumah kaca? Berikut adalah ulasannya.

Zat-zat kimia

Selain disebabkan oleh banyaknya zat karbondioksida (CO2) di bumi ini. Ternyata masih banyak zat-zat lain yang dapat memicu terjadinya efek rumah kaca. Dan perlu kita harus mengetahui zat-zat yang dapat mempercepat terjadinya efek rumah kaca.

1. Karbondioksida

karbondioksida

Karbondioksida adalah sejenis senyawa kimia, zat ini terdiri dari dua atom yaitu oksigen dengan atom karbon. Zat ini berbentuk gas pada tempetatur dan tekanan yang normal, yang berada di atmosfer bumi. Pada umumnya konsentrasi karbondioksida di atmosfer bumi adalah 387 ppm.

Jumlah ini bisa berganti, tergantung pada tempat dan waktu tertentu. Karbondioksida adalah gas rumah kaca yang memiliki peranan yang penting. Karena zat ini dapat menyerap gelombang inframerah dengan kuat.

Karbondioksida dihasilkan dari pembakaran bahan bakar minyak dan bahan sejenisnya. Apabila dalam keadaan normal maka zat karbondioksida akan diperlukan untuk menjaga kestabilan bumi. Tetapi jika zat ini terlalu banyak berada di atmosfer dapat mengakibatkan efek rumah kaca.

2. Belerang Dioksida

belerang oksida

Senyawa ini merupakan gas beracun dan juga mempunyai bau yang menyengat. Karena batu bara dan minyak bumi mengadung senyawa ini, maka pembakarannya menghasilkan gas belerang. Dan zat ini juga berpotensi untuk menyebabkan terjadinya efek rumah kaca.

3. Nitrogen Oksida

nitrogenoksida

Gas ini dihasilkan dari reaksi antara nitrogen dan oksigen saat terjadi pembakaran di udara. Pada tempat-tempat dengan kepadatan lalu lintas tinggi, nitrogen oksida dilepaskan ke udara menjadi polusi udara. Gas ini terbentuk dari semua proses pembakaran yang ada di seluruh dunia.

4. Metana

Gas metana adalah gas yang tidak cocok dengan lingkungan, tetapi dapat menghasilkan energy besar. Gas ini mudah terbakar akan tetapi hanya memiliki konsetrasi di udara sebesar 5-15% saja. Sedangkan metana cair hanya dapat terbakar apabila mengalami tekanan dengan tinggi 4-5 atmosfer.

5. Klorofluorokarbon

kloroflurokarbon

Klorofluorokarbon dihentikan secara bertahap melalui Protocol Montreal karena menyebabkan penipisan lapisan ozon. Senyawa antrogenik ini merupakan gas rumah kaca yang dapat menyebabkan terjadinya efek kaca lebih tinggi dari yang disebabkan oleh karbondioksida.

 

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

ALUMUNIUM KACA JOGJA – Kami merupakan spesialis alumunium dan kaca di Jogja. Kami hadir melayani pemesanan serta pemasangan kusen, jendela, pintu dan kaca. Kami juga menyediakan jasa bongkar pasang dan juga jasa service. Dengan pengerjaan maksimal. Kami hasilkan produk yang berkualitas. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp. / WA : 0888 2830 403| Email : dwiriyanto1993@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat