Alumunium vs Besi

Tips Gampang Membersihkan Kusen Aluminium di Rumah Anda
Juni 7, 2018
Alumunium Untuk Kuku?
Juni 11, 2018

Alumunium dan besi sama-sama identik dengan keawetannya. Akan tetapi besi lebih awet di bandingkan alumunium. Nah, sebenarnya apa perbedaan dari besi dan alumunium ini ? Berikut adalah ulasannya.

Besi vs Aluminium

Besi dan Aluminium berbeda logam yang memiliki sifat bervariasi. Kedua logam ‘”Besi dan Aluminium hadir dengan massa molekul, berat atom dan nomor atom yang berbeda. Mereka juga menghasilkan perbedaan sifat kimia dan fisik.

Salah satu perbedaan pertama yang bisa ditemukan di antara kedua logam adalah besi lebih berat dari pada Aluminium. Aluminium hanya memiliki berat spesifik 2. 7 g / cm3, yang jauh lebih rendah dari besi. Bobot rendah ini menjadikan Aluminium sebagai logam yang lebih baik untuk digunakan di berbagai mesin.

Saat membandingkan titik lebur, besi hadir dengan titik lebur yang lebih tinggi dari 1535 derajat celcius. Di sisi lain, Aluminium memiliki titik leleh 660. 37 derajat celcius. Saat berbicara tentang titik didih, besi memiliki sedikit kelebihan dibanding Aluminium. Ketika titik didih besi berdiri pada 2750 ° C, titik didihnya adalah 2467 derajat celcius.

Nah, perbedaan lain yang bisa dilihat adalah Besi itu bersifat magnetis dan Aluminium bersifat nonmagnetik. Saat membandingkan harganya, Aluminium lebih mahal dari Besi. Hal ini karena ekstraksi Aluminium dari bijinya cukup mahal dibanding ekstraksi Besi dari bijinya. Namun, Aluminium adalah logam paling banyak yang ada di bumi.

Aluminium adalah konduktor listrik yang lebih baik dari pada Besi. Al juga lebih ulet dibanding zat besi. Dalam hal kelenturan, Aluminium merupakan yang kedua diantara logam. Hal ini juga ditempatkan keenam dalam hal daktilitas.

  1. Aluminium lebih ringan dari besi.
  2. Aluminium adalah logam paling banyak yang ada di bumi.
  3. Besi bersifat magnetis dan Aluminium bersifat nonmagnetik
  4. Aluminium memiliki nomor atom 13 dan berat atom 26. 981539 g mol, Besi memiliki nomor atom 26 dan berat atom 55. 845 g mol.
  5. Besi memiliki titik didih dan titik leleh lebih tinggi dari pada Aluminium.
  6. Aluminium lebih mahal dari Besi.
  7. Aluminium adalah konduktor listrik yang lebih baik dan lebih ulet dari pada Besi.

 

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

ALUMUNIUM KACA JOGJA – Kami merupakan spesialis alumunium dan kaca di Jogja. Kami hadir melayani pemesanan serta pemasangan kusen, jendela, pintu dan kaca. Kami juga menyediakan jasa bongkar pasang dan juga jasa service. Dengan pengerjaan maksimal. Kami hasilkan produk yang berkualitas. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp. / WA : 0888 2830 403| Email : dwiriyanto1993@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat