Tips Mudah Membersihkan Kerak Gosong pada Panci

Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis pada Panci
Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis pada Panci
Juni 25, 2018
Cara Agar Wajan Tidak Mudah Hitam
Cara Agar Wajan Tidak Mudah Hitam
Juni 26, 2018

Pemakaian wajan dalam memasak pada jangka lama tentu akan menyebabkan wajan berkerak. Nah, hal ini merupakan situasi yang sulit untuk para ibu di rumah bukan? Akan tetapi, cara menghilangkan kerak di panci atau wajan tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Nah berikut adalag beberapa tips membersihkan kerak wajan atau panci dengan mudah :

 

cara membersihkan wajan

Tips membersihkan panci gosong

  1. Rendam dengan air panas. Jerang air di panci yang berkerak gosong hingga mendidih atau tuangkan air mendidih ke dalam pancinya. Pastikan air merendam semua bagian yang berkerak gosong, termasuk bagian dinding dan bibir panci. Air panas berfungsi melunakkan kerak yang menempel di permukaan panci. Anda juga bisa menambahkan sedikit sabun cuci piring cair ke dalam air panas tersebut. Jika mungkin, tutup panci atau wajan tersebut supaya suhu air bertahan lebih lama dan uap airnya tidak terbuang percuma ke udara—uap air juga membantu melunakkan kerak. Diamkan selama kurang lebih 1-2 jam, atau semalaman jika kerak gosongnya membandel. Gunakan sikat cuci piring, sendok kayu atau spatula plastik untuk mengelupas kerak selagi masih terendam air. Setelah itu buang air rendaman dan kerak yang sudah terangkat. Pastikan kotoran padat yang cukup besar tidak masuk ke pipa saluran pembuangan air wastafel cuci piring supaya tidak menyumbatnya, Anda sebaiknya membuangnya ke tempat sampah.

    .

  1. Masukkan ke oven. Cara membersihkan wajan dan panci berkerak gosong ini mirip dengan metode air panas di atas, tetapi suhu air bertahan lebih lama di dalam oven. Isi panci atau wajan dengan air biasa atau air mendidih secukupnya, lalu masukkan ke dalam oven. Nyalakan oven pada suhu 120C-140C. Tengok setiap 30 menit untuk mengetahui apakah kerak gosong di panci sudah bisa dikelupas dengan spatula kayu. Ketika air di dalam panci atau wajan hampir habis menguap, tuangkan air lagi hingga kerak gosong bisa dilepas semua. Matikan oven sebelum Anda tinggal tidur atau ke luar rumah!
  2. Gunakan bubuk soda kue. Jika setelah proses di atas kerak masih menempel di permukaan panci, gunakan bubuk soda kue yang dicampur dengan sedikit air hingga membentuk adonan pekat seperti odol. Oleskan langsung di atas kerak yang membandel. Diamkan selama 1-2 jam. Kekuatan bubuk soda kue cukup bisa diandalkan bahkan untuk menghancurkan kerak yang tampak melekat begitu kuat. Jika Anda tidak ingin repot meracik bubuk soda kue, Anda bisa memakai produk penghilang kerak gosong siap pakai.
  3. Gosok lembut. Ingat untuk selalu menghindari penggunaan sabut cuci berbahan stainless steel, termasuk ketika Anda membersihkan panci berbahan stainless steel Sabut cuci jenis ini merupakan musuh utama panci stainless steel karena bersifat mengikis permukaan panci. Adonan bubuk soda kue sudah cukup kuat untuk mengikis kerak tanpa mengikis permukaan panci itu sendiri, jadi cukup gunakan spons lembut untuk menggosoknya.
  4. Cuci seperti biasa. Akhiri dengan mencuci panci atau wajan seperti biasa dengan sabun cuci piring cair.

ALUMUNIUM KACA JOGJA – Kami merupakan spesialis alumunium dan kaca di Jogja. Kami hadir melayani pemesanan serta pemasangan kusen, jendela, pintu dan kaca. Kami juga menyediakan jasa bongkar pasang dan juga jasa service. Dengan pengerjaan maksimal. Kami hasilkan produk yang berkualitas. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp. / WA : 0888 2830 403| Email : dwiriyanto1993@gmail.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat