Penyebab Kaca Mobil Pecah Sendiri

Begini Cara Membersihkan Kaca Jendela Dengan Mudah
Juni 28, 2018
Apa Saja Kegunaan Alumunium Foil
Apa Saja Kegunaan Alumunium Foil
Juli 2, 2018

Penyebab Kaca Mobil Pecah Sendiri

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting bagi mobil. Dengan adanya kaca mobil ini menjadikan penumpang terhindar dari sesuati yang menabrak dari luar seperti kotoran atau yang lain sebagainya. Namun pernahkah Anda mengalami kaca mobil Anda pecah sendiri? Perlu Anda ketahui penyebabnya.

Pecahnya kaca Mobil bisa dikarenakan beberapa faktor, meskipun setelah terjadi tidak ada tanda atau benda yang menempel pada kaca. Penyebab kaca Mobil pecah sendiri perlu diketahui, supaya tidak ada kebingungan atau perasangka buruk seperti menyalahkan orang yang di dekat Mobil Anda karena dikira melempar batu.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa menjadikan kaca Mobil pecah sendiri:

1. Kualitas kaca Mobil buruk

Tiap produsen Mobil mempunyai kaca dengan kualitas yang berbeda, baik untuk bagian depan, samping dan juga belakang. Kebanyakan kasus yang terjadi dan masih hangat adalah penggunaan kaca belakang dengan mutu yang rendah. Alhasil para pemilik mengeluhkan kaca belakangnya retak atau pecah ketika menutup atau membuka pintu bagian belakang. Jadi untuk langkah mengantisipasi masalah tersebut sebaiknya sebelum membeli kendaraan melihat spesifikasinya secara detail. Jadi jangan terpaku dengan brand yang sudah terkenal, desain yang menarik atau harga murah.

2. Kaca Mobil terlalu lama dipanaskan

Parkirkan Mobil di tempat teduh untuk menghindari Pemuaian kaca Kendaraan

Penyebab kaca Mobil pecah sendiri selanjutnya adalah kaca dipanaskan terlalu lama. Jadi perlu diketahui bahwa kaca akan memuai saat berada pada suhu yang panas. Dengan begitu ukurannya menjadi bertambah baik panjang maupun lebarnya. Apabila dalam pemanasan dilakukan semakin lama, maka ukurannya menjadi bertambah dan kekuatannya akan berkurang. Apabila pemuaian yang terjadi sampai bingkai terlampaui, maka lama-kelamaan dapat menekuk dan bisa muncul keretakan atau sampai pecah. Dengan melihat hal tersebut, sebaiknya saat melakukan parkir hindari di tempat terbuka atau terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Carilah tempat yang teduh untuk menjaga kondisi kaca Mobil dan juga bagian lainnya.

3. Adanya perbedaan tekanan pada kaca Mobil

Bagi pengendara harus berhati-hati dalam menggunakan defogger. Apabila dinyalakan terlalu lama dapat menjadikan perbedaan suhu pada permukaan kaca Mobil. Kebiasaan ini dapat menimbulkan perbedaan seperti kaca yang memuai karena terlalu lama dalam pemanasan dengan yang tidak. Kaca Mobil yang terkena panas terlalu lama dapat memuai sehingga akan terjadi pecah atau retak. Jika sudah begitu akan menyebar ke bagian kaca yang tidak terkena panas dari defogger.

4. Terkena batu kerikil saat melaju di jalanan

Pada saat melintasi jalanan yang kurang bagus dan terdapat banyak kerikil sebaiknya berhati-hati. Kadangkala kerikil bisa terlempar oleh roda kendaraan lain secara tidak sengaja. Apabila terjadi masalah tersebut bisa saja memecahkan kaca Mobil karena ujung kerikil yang tajam. Anda tidak bisa menyalahkan siapapun karena pengendara lain juga juga tidak memiliki niat melakukannya. Untuk mengantisipasinya, alangkah baiknya menjaga jarak aman supaya saat kerikil terlindas roda Mobil dan terlempar tidak mengenai kaca kendaraan yang Anda tunggangi.

5. kaca Mobil tersalur getaran hebat

Untuk penyebab kaca Mobil pecah sendiri yang terakhir adalah karena tersalur getaran yang hebat. Biasanya ini terjadi saat melaju di jalanan yang tidak baik atau dalam kondisi buruk dengan kecepatan yang cukup tinggi. Dengan begitu getaran yang dihasilkan juga semakin tinggi. Jika terus dipaksakan, maka bisa saja membuat kaca Mobil pecah. Selain itu, jika terus memaksanya kaca menjadi terbentur frame dan terdesak, jika tidak menurunkan kecepatan bisa menjadi faktor yang membuat kaca Mobil pecah hingga berkeping-keping.

Bagi Anda yang tidak mengalaminya meskipun telah melakukan hal di atas, bisa saja kualitas kaca Mobil yang Anda miliki sangat bagus. namun lebih baik tetap waspada dan berhati-hati untuk menjaga kondisi kaca Mobil tetapi prima.

Demikianlah informasi mengenai penyebab kaca Mobil pecah sendiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

ALUMUNIUM KACA JOGJA – Kami merupakan spesialis alumunium dan kaca di Jogja. Kami hadir melayani pemesanan serta pemasangan kusen, jendela, pintu dan kaca. Kami juga menyediakan jasa bongkar pasang dan juga jasa service. Dengan pengerjaan maksimal. Kami hasilkan produk yang berkualitas. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp. / WA : 0888 2830 403| Email : dwiriyanto1993@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat