Alat Pelebur Alumunium Sederhana

Tips Membuang Sepotong Bentuk Alumunium yang Kompleks
Juli 30, 2018
Tips Memasang Pintu dan Jendela
Juli 31, 2018

ALAT PELEBUR ALUMUNIUM SEDERHANA

Alat Pelebur Alumunium Sederhana – Siapa bilang alat pelebur alumunium mahal? Mungkin akan menjadi solusi alat pelebur alumunium sederhana. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas bagaimana cara membuat alat pelebur alumunium sederhana tanpa mengeluarkan biaya banyak.

Alat Pelebur Alumunium Sederhana

Hayo penesarankan yuk mari kita siapkan alatnya, mari kita lihat sekeliling kita, apakah ada ember cat yang terbuat dari logam yang besar ya.! Kalau gak ada yuk mari kita ketempat lowakan besi-besi tua biasanya disana ada banyak tuh. Ada yng bekas tabung freon, ada ember kaleng, atau apapunlah yang penting terbuat dari logam.

Bila sudah dapat mari kita bentuk menjadi seperti ini. Tralaaaaaaaaaa.

1 tabung freon

1 tabung freon

2simple furnace aluminum,

2 simple furnace aluminum,

Kalau ini saya dapatkan di tempat rongsokan cuman 5rb. Padahal minta juga boleh heheheh.

Untuk bagian atas biarkan terbuka ya.  Dan bagian bawah dikasih lubang sebesar 1 inchi. Udah deh jadi alatnya. Kita namain alatnya  simple furnace aluminum.

Nih saya jelasin satu persatu deh biar enak Komponen furnace sebagai berikut:

  1. Bahan bakar : Arang
3 Arang

3 Arang

  1. O2 (udara)
4 o2

4 o2

b. Tabung

Tabung yang di buat menrupakan tabung bekas pompa air yang terbuat dari besi.

5 tabung

5 tabung

c. Ruang refraktori

Ruang refraktori dibuat dari bahan besi untuk menahan panas pada suhu operasi yang mencapai  lebih dari 650o C dimana pada suhu tersebut aluminium akan meleleh. Dimana ruang refraktori ini langsung dibuat menyatu dengan tabung .

6 ruang refraktori

6 ruang refraktori

d. Cerobong

Cerobong digunakan untuk membuang gas buang pembakaran dari ruangan, yang digunakan juga sebagai masukan dan keluaran (bahan bakar, cerobong, dan stok material peleburan).

e. Hair dryer

Hair dryer di gunakan sebagai pemasok udara O2. Pinjem aja ya punya emak atau teteh atau ke tetangga yang cetar membahana

7 hairdryer

7 hairdryer

Atau kalau ada yang punya kompresor bisa juga tuh pake kompresor pasokan udaranya.

f. Pipa pvc

Pipa pvc digunakan sebagai penerus udara O2 yang di keluarkan oleh hair dryer, sehingga udara yang dikeluarkan dapat terpusat ke ruang pembakaran.

8 pipa pvc

8 pipa pvc

g. Leadle

Digunakan sebagai tempat peleburan material aluminium. Bisa juga pake tempat bekas cat yang 1 liter ya.

9 leadle

9 leadle

h. Perapian

Perapian dilakukan didalam ruang refraktori dimana bahan bakar yang digunakan menggunakan arang.

Nih Tahapan peleburan material aluminium sebagai berikut:

  • Mempersiapkan alat dan bahan
  • Menyiapkan pembakaran awal
  • Menambahkan udara O2 dengan menggunakan hair dryer
  • Memasukan leadle dalam tungku
  • Memasukan material aluminium kedalam leadle
  • Mengangkat hasil leburan untuk di cetak
  • Selesai
10 pembakaran

10 pembakaran

Silakan mencoba. Jangan selalu berpikir kalau teknologi itu mahal yah….

Nih saya kasih juga desainnya.

11 desain furnace

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

ALUMUNIUM KACA JOGJA – Kami merupakan spesialis alumunium dan kaca di Jogja. Kami hadir melayani pemesanan serta pemasangan kusen, jendela, pintu dan kaca. Kami juga menyediakan jasa bongkar pasang dan juga jasa service. Dengan pengerjaan maksimal. Kami hasilkan produk yang berkualitas. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp. / WA : 0888 2830 403| Email : dwiriyanto1993@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat