Cara Membersihkan Pagar Besi

Pagar Besi Atau Pagar Alumunium?
Agustus 13, 2018
Kelebihan Menggunakan Alumunium Pada Bangunan
Agustus 14, 2018

CARA MEMBERSIHKAN PAGAR BESI

Cara Membersihkan Pagar Besi – Tahukah Anda, pagar rumah harus mendapatkan perhatian khusus juga dalam perawatan atau pembersihannya. Salah satu jenis pagar adalah pagar besi, yuk intip cara membersihkan pagar besi rumah Anda.

Cara Membersihkan Pagar Besi

1. Menghilangkan Karat

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu menghilangkan karat dari pagar, teralis, atau pintu yang berbahan besi. Cara ini penting guna memastikan pagar teralis Anda siap menerima cat primer dan cat besi.

Gosok area yang berkarat menggunakan sikat kawat. Lanjutkan dengan melembabkan lap yang sudah dibasahi cairan pembersih (tiner) untuk menghapus sisa karat.

Bila lap mulai kotor ganti dengan lap baru agar kegiatan menghilangkan karat tidak sia-sia.

2. Mencuci Pagar Teralis Pintu

Untuk memastikan karat besi hilang tanpa tersisa, lanjutkan dengan membersihkan bagian permukaan. Misal dengan mencuci pagar, pintu, teralis, dengan air panas dan sabun.

Cuci dengan cara mengelap menggunakan lap bersih yang direndam dalam larutan sabun. Bersihkan semua permukaan lalu bilas bersih. Keringkan semalaman.

3. Membersihkan Kotoran Menempel

Sebenarnya untuk membersihkan kotoran atau noda yang menempel, Anda bisa menggunakan kape. Kikis menggunakan ampelas halus lalu lap kering untuk menyapu kotoran yang ada pada pagar besi.

4. Melakukan Pengecatan

Pengecatan bisa Anda lakukan mula-mula menggunakan cat primer sebagai lapisan dasar. Biarkan kurang lebih satu hari agar cat primer benar-benar kering. Setelah itu, lanjutkan dengan melapisi cat besi. Diamkan lagi sampai cat pagar rumah mengering sempurna. Baru sesudahnya Anda bisa melapisi pagar teralis dengan lapisan kedua.

5. Meratakan Permukaan

Bila ada permukaan yang tidak rata, berikan dempul agar permukaan kembali sama rata. Saat sudah kering, ampelas sekali lagi lalu lapisi dengan cat dasar misal cat alkali yang mudah kering.

6. Pengecetan Kembali

Untuk memaksimalkan hasil, lakukan pengecetan kembali menggunakan campuran cat dan thinner. Cat lagi dengan cat besi. Diamkan kurang lebih satu hari agar kering, baru Anda bisa mengaplikasikan finishing.

7. Melindungi dari Ancaman Air Hujan

Perawatan penting pula dilakukan pasca pengecetan. Hal ini agar karat tidak cepat-cepat kembali dan merusak pagar, pintu, teralis anda.

Melindungi pagar teralis pintu dari ancaman air hujan dapat dilakukan dengan melapisi minyak pada bagian permukaannya. Lapisan ini akan membuat air hujan tidak betah menempel berlama-lama.

Pastikan benar tidak ada lubang pada pagar teralis. Karena lubang tersebut bisa menjadi tempat penampungan air hujan yang berisiko pada karat. Inilah mengapa sebelumnya Anda perlu melakukan perataan permukaan.

Bila memang ada lubang, segera tutup dengan dempul. Bila lubang terlalu besar, Anda bisa menutupnya menggunakan besi baru yang dilas. Untuk pengerjaan ini Anda membutuhkan jasa profesional.

8. Pengecatan Bagian Cat yang Mengelupas

Pengecatan pagar besi memang tidak cukup satu kali. Pengecatan memang penting untuk mencegah udara, kelembaban, dan air mengenai permukaan besi secara langsung.

Sehingga bila Anda menjumpai ada bagian cat yang mengelupas, segera tutup dengan cat baru agar tidak berkarat yang bisa menyebar ke bagian lain dan merusak keindahan pagar yang sudah dibuat.

9. Rutin Membersihkan Pagar Teralis

Rutin membersihkan pagar teralis sekiranya dapat memperpanjang umurnya. Karena bila kotoran atau noda yang menempel terlalu banyak dan tidak dibersihkan, salah-salah akan menyebabkan karat.

Sehingga rutin membersihkan penting sebagai tindak antisipasi menghindari karat. Pembersihan bisa Anda lakukan dengan menggunakan larutan deterjen dan air.

10. Pemeriksaan Berkala

Pagar dari besi memang membutuhkan perawatan khusus. Tentunya dengan tujuan memastikan pagar teralis dalam kondisi baik. Untuk itu, lakukan pemeriksaan berkala.

Bila Anda menjumpai karat sedikit saja, Anda perlu sigap mengatasinya supaya tidak menyebar ke bagian lain.

Dengan mengantongi cara merawat pagar, teralis, dan pintu tentunya akan lebih awet dan tahan lama. Berkaitan dengan karat yang muncul pada permukaan pagar besi atau pagar cor ini sebenarnya juga berpengaruh pada kualitas pagar yang Anda gunakan.

Bila pagar dibuat secara profesional dari bahan berkualitas terbaik dengan penggarapan yang tepat, tentunya pelapisan juga sudah dilakukan secara optimal demi memperpanjang umur pagar.

Pekerjaan ini memang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Karena itu, percayakan pembuatan pagar teralis rumah Anda kepada perusahaan Tausan.

Tausan sudah berdiri sejak tahun 1976, sehingga sangat berpengalaman dalam pembuatan berbagai jenis pagar, pintu, teralis, balkon, railing tangga, panel, atapun kanopi.

Harga produk Tausan memang dibandrol 2 kali lebih mahal, tetapi kualitas yang akan Anda dapatkan pun 2 kali lipat lebih bagus. Sehingga Anda bisa lebih puas dengan jaminan produk pagar, pintu, teralis berkualitas.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

ALUMUNIUM KACA JOGJA – Kami merupakan spesialis alumunium dan kaca di Jogja. Kami hadir melayani pemesanan serta pemasangan kusen, jendela, pintu dan kaca. Kami juga menyediakan jasa bongkar pasang dan juga jasa service. Dengan pengerjaan maksimal. Kami hasilkan produk yang berkualitas. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp. / WA : 0888 2830 403| Email : dwiriyanto1993@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat