Jenis – Jenis Baja Ringan

Keuntungan Menggunakan Kaca Tanpa Frame Pada Interior Kantor
Oktober 9, 2018
Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium
Oktober 15, 2018

Jenis – Jenis Baja Ringan

Jenis Baja – Sebelum anda memasang atap baja ringan, lebih baiknya kenali terlebih dahulu bentuk, ukuran dan jenis baja ringan. Sekarang ini adna tidak usah khawatir untuk membeli baja, karena sudah banyak jasa konstruksi dan toko baja ringan.

 

Bentuk Baja Ringan

Umumnya, bentuk baja ringan yang sering digunakan ialah bentuk “Canal” atau “C” dan “Omega”. Kedua bentuk itu dapat dipergunakan sebagai penyusun konstruksi baja ringan.

Baja ringan berbentuk canal atau omega ini sudah mudah ditemukan di beberapa toko penjual baja ringan atau di jasa pemasangan baja ringan.

Yang paling banyak digunakan dan paling sering ditemukan ialah baja ringan berbentuk “Canal” atau “C”. Bentuk ini dianggap sebagai profil baja ringan. Profil Calal C merupakan profil tertua pada material batang baja ringan.

Penampang profil ini juga sudah digunakan pada baja konvensional jauh sebelum istilah baja ringan hadir yang hingga saat ini masih dipakai. Pada profil C kelebihan utamanya adalah pada saat digabungkan dua profil C yang saling berhadapan disatukan menjadi “box” atau “kotak”.

baja ringan,bentuk baja ringan,ukuran baja ringan,jenis baja ringan

 

Jenis Baja Ringan
Sementara terkait dimensi ukuran, tebal baja ringan yang lazim digunakan pada konstruksi baja ringan ini umumnya memliki ketebalan 0,75 mm hingga 1,00 mm pada batang utama kuda-kuda konstruksi. Sedangkan pada reng, ketebalan yang digunakan mulai 0,40 hingga 0,60 mm.

Sementara untuk ukuran tinggi profil juga bervariasi mulai dari 70 mm hingga 100 mm dan pada batten/reng tinggi mulai 31mm hingga 60mm. Variasi ukuran ini ditujukan menyesuaikan dengan beban/kekuatan yang disokongkannya.

 

TRUS/Kaso Metal Baja Ringan

Kaso berbahan plat baja gaya tarik tinggi (G550) / baja ringan yang dilapisi dengan seng dan alumunium atau sering disebut (Zincalume/Galvalume) namun ada juga yang berbahan Galvanis.

Tinggi profil C ini 75 cm panjang dengan 6 m dengan ketebalan bervariasi. Mulai dari 0,60 mm, 0,65 mm, 0,70 mm,0,75 mm sampai dengan 1 mm. Digunakan sebagai rangka atap baja ringan atau kuda-kuda utama baja ringan.

 

Reng Baja ringan
Berbentuk trapesium, digunakan sebagai peletakan atap. Umumnya ketebalan reng 0,45 mm dengan tinggi mulai dari 28 mm sampai dengan 40 mm, semakin tnggi profil reng maka semakin kuat. Jika Anda menggunakan genteng beton atau keramik disarankan menggunakan reng minimum tinggi 30 mm.

Baja ringan Taso
Baja ringan dengan merk taso memiliki ketebalan 0,75 mm dan 1 mm dengan tinggi 7,5 cm dan lebar kaki 3,5 cm dan panjang 6 meter perbatang.

ALUMUNIUM KACA JOGJA – Kami merupakan spesialis alumunium dan kaca di Jogja. Kami hadir melayani pemesanan serta pemasangan kusen, jendela, pintu dan kaca. Kami juga menyediakan jasa bongkar pasang dan juga jasa service. Dengan pengerjaan maksimal. Kami hasilkan produk yang berkualitas. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp. / WA : 0888 2830 403| Email : dwiriyanto1993@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat