Membuat Kursi Dan Meja Dari Sisa Rangka Baja Ringan

Fungsi Dan Manfaat Menggunakan Kanopi
Desember 19, 2018
Menentukan Kanopi Yang Tepat Untuk Jemuran
Desember 19, 2018
Membuat Kursi Dan Meja Dari Sisa Rangka Baja Ringan

Membuat Kursi Dan Meja Dari Sisa Rangka Baja Ringan

Membuat Kursi Dan Meja Dari Sisa Rangka Baja Ringan

Membuat Kursi Dan Meja Dari Sisa Rangka Baja Ringan

Membuat Kursi Dan Meja Dari Sisa Rangka Baja Ringan – Aluminium atau baja ringan idak hanya digunakan untuk membuat kusen saja. Anda dapat mengkreasikannya dengan membuat beberapa produk alat rumah tangga seperti meja dan kursi dari sisa potongan baja ringan yang sudah tidak digunakan.

 

Tentukan Bentuk dan Ukuran Kursi
Tentukan bentuk kursi yang ingin anda buat, berbagai macam bentuk lursi dapat dibuat dengan menggunakan bahan baja ringan seperti kursi panjang, kursi ruang makan dengan sandaran. Anda dapat juga menyesuaikan dengan bentuk kursi dari bahan kayu yang ada di rumah anda.
Sesuaikan ukuran kursi dengan ukuran badan anda agar kusi terasa nyaman saat digunakan, sesuaikan tinggi kaki kursi dengan ukuran kaki anda dari telapak kaki sampai ke lutut agar lebih ergonomi dan  nyaman.

Setelah semua bagian diukur seperti panjang, lebar, dan tinggi kursu, maka langkah selanjutnya adalah memotong baja ringan menjadi bagian-bagian yang diinginkan sesuai dengan ukuran masing-masing.
Memotong Baja Ringan Menjadi Beberapa Bagian
Cara memotong baja ringan dapat menggunakan gunting khusus baja ringan yang dapat diperoleh di toko bangunan dengan kisaran harga 50rb s.d. 100rb. Namun juga bisa menggunakan mesin potong / gerinda.

Berhati-hatilah pada ujung baja ringan hasil potongan, karena bagian ini sangat tajam. Pegang secara perlahan. Anda juga bisa menghaluskan bagian ini dengan menggunakan batu asah atau gurinda agar tidak melukai saat sudah menjadi kursi nantinya.

Merangkai Kursi
Perangkaian potongan-potongan baja ringan ini perlu tenaga ekstra, karena anda harus melakukan pemasangan baut menggunakan bor listrik. Jika anda belum terbiasa maka yang terjadi adalah baut akan meleset atau baut menjadi dol karena putaran bor yang terlalu kencang.
Yang perlu diperhatikan saat merangkai potongan-potongan baja ini adalah kelurusan (siku) agar menghasilkan kursi yang rapi dan kuat.

Potonglah beberapa bagian dari baja ringan agar menambah kekuatan siku saat dipasang. Pasang baut sebanyak 2-3 buah pada masing-masing titik agar semakin kuat.

Memasang Penyiku

Setelah semua bagian sudah dirangkai, langkah selanjutnya adalah melakukan percobaan terhadap kekuatan kursi. Perhatikan apakah ada bagian yang masih goyang. Jika masih ada bagian yang goyang maka tambahkanlah baut atau buatkan penyiku untuk menopang semua bagian agar tidak mudah bergerak. Bagian yang paling perlu dipasang siku adalah bagian kaki-kaki kursi agar tidak mudah bergerak saat diduduki.

ALUMUNIUM KACA JOGJA – Kami merupakan spesialis alumunium dan kaca di Jogja. Kami hadir melayani pemesanan serta pemasangan kusen, jendela, pintu dan kaca. Kami juga menyediakan jasa bongkar pasang dan juga jasa service. Dengan pengerjaan maksimal. Kami hasilkan produk yang berkualitas. Bergabung KLIK DISINI. Hubungi Kami di Tlp. / WA : 0888 2830 403| Email : dwiriyanto1993@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat